Download

Dari halaman ini, anda dapat men-download file-file dalam berbagai topik.

My Articles

01. Riau Climate Change Centre (Riau Pos, 6 Januari 2010).

02. Transportasi Masa Depan di Riau (Riau Pos, 2 November 2009)

03. Gubernur Baru dan Listrik (Riau Pos, 28 Oktober 2008)

04. Dari Riau Selamatkan Indonesia (Riau Pos, 20 September 2008)

05. Solusi Berlabel Haram (Tablod Teraju, 2008)

06. UNFCCC, Siapa Berkompromi? (Riau Pos, 26 Desember 2007)

07. Etika Lingkungan (Riau Pos, 23 Oktober 2007)

08. Pro-Nuclear Power Generation Policy in the Face of the Grenhouse Problem (2007)

09. Are the US Economic Arguments in Refusing Kyoto Protocol Reasonable? (2007)

10. Seabad Tahun Kejaiban Einstein (Riau Pos, 2005)

11. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Sir Vankata Raman (Riau Pos, — 2005)

12. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Hideki Yukawa (Riau Pos, 2005)

13. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Chen Ning Yang (Riau Pos, 2005)

14. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Tsung Dao-Lee (Riau Pos, 2005)

15. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): SIn-Itiro Tomonaga  (Riau Pos, 2005)

16. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Leo Esaki (Riau Pos, 2005)

17. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Samuel C. C. Ting (Riau Pos, 2005)

18. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Abdus Salam (Riau Pos, 2005)

19. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Subramanyan Chandrasekhar (Riau Pos, 2005)

20. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): David M. Lee (Riau Pos, 2005)

21. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Steven Chu (Riau Pos, 2005)

22. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Daniel C. Tsui (Riau Pos, 2005)

23. Bintang dari Timur (seri pemenang Nobel dari Asia): Masatoshi Koshiba (Riau Pos, 2005)

24. Kembali pada Kearifan Lokal (Riau Pos, 2004)

25. Mendambakan Langit Biru (Riau Mandiri, 2004)

26. Listrik di Riau (Tabloid Teraju, 2004)

27. Islam Agama Rasional (Riau Pos, 2002)

Lingkungan Hidup & Energy

01. Energy, sustainability and development

02. Energy, Finance and Climate Change

03. Rethinking Fossil Fuels

04. A climate Repair manual

05. More profit with less carbon

06. Building a sustainable society

07. Skills for Sustainability

08. Subsidi BBM itu Penipuan Massal untuk Menguras Uang Rakyat

09. Green Jobs

10. 2006 Indonesia Energy Outlook & statistic

11. 2008 – Energy Policy Review of Indonesia

Energi Terbarukan – info umum

01. The Rise of Renewable Energy
02. Plan B For Energy

03. The Road to Clean energy starts Here

04. Renewables 2005, global status report

Energi Surya

01. Residential and industrial PV On-Grid applications

02. The value of photovoltaic electricity for society

03. Solar Grand Plan

04. Solar Energy

05. Making Cents Out of Solar

Energi Angin

01. Small Wind Power for your Home, Business, or Farm

02. Small Wind Electric Systems

Energi Panas Bumi

01. Geothermal Tomorrow

02. Heating Up

EnergiAir

01. Hydropower

02. Hydropower Technology-how it works

03. Small hydropower for developing countries

Manajemen Energi dan Efisiensi Energi

01. Booklet_Hemat_Listrik_Di_Rumah

02. Booklet_Hemat_Listrik_Di_Kantor

03. Energy Efficiency Policies around the World- Review and Evaluation

04. Energy_Saving Tips

05. panduan-hemat-energi-hotel

Special


29 responses

16 01 2009
Nasruddin Aziz

Pak Kunaifi,
Saya mahasiswa Universitas Hasanuddin Jurusan Teknik Mesin, sementara menyusun thesis tentang masalah cogeneration, dengan memanfaatkan gas buang turbin gas PLTU Makassar, kapasitas 33 MW.
Mohon kesediaan Bapak untuk membantu saya dalam hal referensi dan bantuan konsultasi .
Terima kasih,
Wassalam,
Nasruddin Aziz

16 01 2009
Kunaifi

Sala kenal Nasruddin. Apa nih yg bisa saya bantu?

6 03 2009
DEla

Pak Kunaifi yang terhormat..
Saya mau bikin tesis..emang seh belum waktunya,kebetulan saya baru semster II, sekarang saya ngambil jurusan teknologi energi di pasca sarjana Unsri Palembang…S1 saya dulu PErencanaan Wilayah dan Kota..emang agak nyeleneh seh ngambil s2 yg jur nya emang gak sinergi..tapi kantor saya menugaskan to ngambil BKU nya T.Energi….jadi sya tertarik buat tesis nya yang berhubungan dengan “KEBIJAKaN ENERGi” ….Bisa gak ya bapak kasih masukan ke saya nya,tentang judul atau refernsi yg mesti saya pergunakan nantinya……..sebelumnya terimakasih byak paK……..

6 03 2009
Kunaifi

Mbak Dela yang baik.

Sebenarnya banyak sekali topik-topik riset di bidang energi. Namun, jika melihat latar belakang S1 Mbak Dela adalah Perencanaan Wilayah, saya kira “Cities for Climate Protection (CCP)” cocok buat Mbak Dela.

CCP adalah salah satu program “‘International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), yang digagas PBB di bidang perlindungan iklim. Fokus CCP adalah mempersiapkan kota-kota di seluruh dunia supaya menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di kota masing-masing.

Hingga kini 1073 kota di berbagai benua sudah bergabung dalam program CCP. Kota-kota yang sudah menjadi anggota ICLEI dan menerapkan CPP di Indonesia adalah baru Balikpapan, Bogor, Cilegon, Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogykarta.

Ada dua topik riset yang menarik untuk Indonesia. (1) Mbak Dela bisa melakukan evaluasi terhadap kota-kota anggota ICLEI di atas; sudah sejauh mana mereka menerapkan milestone CCP, apa masalah yang dihadapi, dan apa solusi yang usulkan untuk mengatasi masalah tersebut. Mbak Dela bisa pilih salah satu kota yang disukai dan menghubungi pengelola CCP di sana untuk mendapatkan informasi. (2) Mbak Dela juga bisa memilih kota lain, misalnya Palembang. Karena Palembang belum menjadi anggota ICLEI, Mbak Dela bisa mengusulkan kebijakan enargi kota palembang berdasarkan kriteria ICLEI.

Ada dua kelompok besar kebijakan energi yang dilakukan kota-kota anggota ICLEI di berbagai negara, yaitu: (1) penerapan energi terbarukan (angin, surya, air, panas bumi, dll), (2) penerapan efisiensi energi.

Tapi tidak hanya terbatas di kedua kelompok tersebut. Ratusan contoh kasus bisa Mbak Dela pelajari dari berbagai kota anggota ICLEI di dunia. Barangkalai sebagian cocok untuk Palembang.

Buku-buku yang berhubungan dengan Sustainable Cities cocok sebagai referensi, tapi sebagai referensi utama, link berikut akan berguna:
http://www.iclei.org/
http://www.iclei.org/index.php?id=global-members
http://www.iclei.org/index.php?id=800 —> di sini terdapat link ke berbagai ICLEI regional seperti ICLEI Amerika, Australia, Eropa, dll. Mbak Dela bisa masuk ke sana untuk melihat contoh kasus di berbagai negara.

Saya punya beberapa buku terbitan UNDP tentang masalah ini tapi tidak bisa saya berikan. Mbak Dela coba hubungi UNDP, mungkin mereke bersedia kirim. Beberapa publikasi UNDP bisa didownload secara gratis. Dari kota-kota anggota ICLEI di Indonesia juga bisa dipinjam dokumen tentang CCP.

Selamat menimbang-nimbang

31 03 2009
Deddy Rachmat

Yth. Mas Kunaifi’

Saya sangat kagum sekali dengan pengetahuan dan kreatifitas Anda dibidang Teknologi dan Lingkungan Hidup, dimana saya dan teman-2 di LKTLH (Lembaga Kajian Teknologi Dan Lingkingan Hidup) sangat berkonsentrasi juga dibidang itu untuk sedikit berperan serta memitigasi terjadinya kerusakan alam akibat ulah segelintir anak manusia.

Untuk itu saya mohon izin untuk menyadur beberapa artikel dan foto milik Anda untuk keperluan tersebut diatas, soal etika akademis tentunya akan sangat saya perhatikan dan patuhi.

Wassallam,
Deddy Rachmat

31 03 2009
Kunaifi

Trims untuk support Mas Deddy. Yang saya tulis di sini sebenarnya belum ada yang punya nilai ilmiah tinggi, karena saya menulis di sela-sela kesibukan yang tak kunjung usai. Namun, jika ada yang Mas Deddy rasa berguna, silahkan dikutip. Saya senang.

3 04 2009
amin

Mas kunaifi salam kenal. saya sangat terbantu dengan beberapa link dan artikel yang njenengan publikasikan. saya sedikit telah mencoba memproduksi windpump, hidram dan wind generator. saya sangat senang dibantu dan berbagi informasi

16 04 2009
Kunaifi

Mas Amin. Terima kasih atas dukungannya. Semoga produksinya lancar.

31 05 2009
linda

Salam kenal Mas Kuanafi…
Saya Linda sedang megambil S2 T. Elektro, spesifikasi Teknik Tenaga Listrik di UI. Saya tertarik mengenai Renawable Energi dan Mix Energy. Dan akan mengambil thesis mengenai hal tsb, saya ingin mengaplikasikan untuk daerah kelahiran saya Jambi, dimana sumber daya energi yang tersedia yaitu “sungai dan matahari”
Mohon referensi yang cocok untuk 2 sumber energi tsb baik dari judul dan program apa yang bisa saya pakaii sebagai penunjang.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

31 05 2009
Kunaifi

Halo Linda. Terima kasih atas emailnya. Sepertinya tesis saya dan thesis Linda mirip. Bedanya, lokasi saya di Riau, Linda di Jambi. Silahkan lihat link berikut:
http://kunaifi.wordpress.com/2009/01/22/pengambilan-data-untuk-penelitian/

Referensi tentang PV system ada banyak sekali di internet. Tentu Linda sudah belajar banyak tentang ini di UI. Untuk menambah, mungkin LInda tertarik dengan website berikut:
http://www.nrel.gov/
http://www.reeep.org/
http://photovoltaics.sandia.gov/

Yang minim adalah informasi tentang energi dari arus sungai (hydrokinetic). Mungkin Linda tertarik pada yang berikut:
http://www.althydrosolutions.com/

Untuk desain sistem hybrid, coba lihat software bernama HOMER. Ini adlaah software yang sangat terkenal di dunia energi terbarukan. Saya juga gunakan software ini untuk thesis saya. Info-nya ada di: http://www.nrel.gov/homer/

Moga sukses ya.

18 06 2009
RIEKSA

salam kenal….
saya rieksa asal surabaya……….
btw,gimana cara mendapatkan pembangkit tenaga surya ….mksudnya beli(order dr luar negri k indonesia)?????klo online,alamat web siteny ap …???
trus gmn cara instalnya…….????thx……

18 06 2009
Kunaifi

Hallo Rieksa. Di Google tersedia banyak informasi tentang siapa saja yang menjual Panel Surya di Indonesia. Salah satunya http://www.solarpowerindonesia.com/index.htm. Yang lain masih banyak.

Untuk cara instalnya mohon maaf tidak dapat dijelaskan di sini, karena terlalu banyak hal-hal yang mesti dipertimbangkan dan dihitung.

30 09 2009
Arif Supriyadi

Assalamualaikum Wr Wb…..
Pak Gimana Liburan Lebarannya ……..
Minal aizin mohon maaf lahir batin

3 10 2009
Nova

Mas Kunaifi yang terhormat saya sedang mengambil S2 teknik tegangan listrik dan sedang mencari2 bahan thesis mengenai tenaga listrik atau yang berhubungan dengan hal tersebut, karna kebetulan pembimbing adalah orang tenaga listrik. Tapi masih bingung apa yang mesti saya angkat.. Mohon bantuannya mas…

Terimakasih

4 10 2009
Anonymous

Mbak Nova.

Terima kasih atas komentarnya. Sebenarnya bidang saya tidak murni tenaga listrik. S1 saya adalah elektronika dan S2 saya adalah energi yang merupakan bidang ilmu fisika. Jadi saya tidak paham betul tentang teknik tenaga listrik.

Salah satu bidang riset yang kini cukup menarik di bidang tenaga listrik adalah ‘distributed power supply system.’ Turunan topik ini mencakup kontrol, kestabilan, monitoring, keseimbangan sistem, dll.

Selamat berbutu topik riset.

Kun

8 10 2009
adi susanto

pak cara mendownload prongramnya gimana? terus buka tugas proyeknya gimana? adi gak tahu.

16 11 2009
Hadi

Mas Kunaifi yang terhormat saya sedang mengambil S2 Kimia Lingkungan dan sedang mencari2 bahan thesis mengenai pengolahan sampah energi terbarukan atau yang berhubungan dengan hal tersebut, mas kirim ke emailku ya mas.. Mohon bantuannya mas…

18 11 2009
kunaifi

Alamat emailnya mana mas?

Kunaifi

24 02 2010
bambang hermansyah

assalamualaikum wr.wb..
pak saya mahasiswa uin suska riau jurusan teknik elektro…
tugas artikel kemaren yang persentase itu,,, qlo yang masalah jaringan bagus nggak pak,,,,

sekian terima kasih…

3 03 2010
Prayoga

assalamualaikum Wr.Wb..

Pak saya mahasiswa uin suska jurusan teknik elekro. Saya ngambil mk. Life long learning kelas bapak. Saya belum dapat kelompok presentase, kemudian alamat web yang bapak kasih tahu tentang materi lifelong yang sudah bapak upload saya tidak tahu juga pak, yang saya tanyakan adalah apa nama alamat web yang bapak maksud itu ? kemudian bagaimana cara join atau add nya pak? mengenai tugas artikelnya, apakah topiknya tentang teknologi atau bebas ?

alamat email saya: prayoga.budikesuma@gmail.com atau prayoga.budi@yahoo.com

terimakasih atas perhatian bapak sebelumnya,

wassalam…

17 03 2010
wike

aslkum pak wike mahasiswi di teknik elektro kosentrasinya t.komputer sekrang ge bimbingan kp sm bapak msih ingatkan pak? blog bapak keren abizz…o ya pak kok blognya gak ada yang berhubungan dengan komputer y?.apa bapak gk tertarik sm ilmu di bidang komputer..

17 03 2010
wike

aslkum pak wike mahasiswi di teknik elektro kosentrasinya t.komputer sekrang ge bimbingan kp sm bapak msih ingatkan pak? blog bapak keren abizz…o ya pak kok blognya gak ada yang berhubungan dengan komputer y?.apa bapak gk tertarik sm ilmu di bidang komputer..makasi pak..

21 03 2010
Kunaifi

Wike. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Tentu saya masih ingat, masa lupa sih.
Saya tentu saja tertarik pada komputer. Namun karena bidang saya adalah energi dan lingkungan, maka saya lebih pede menulis ttg energi dan lingkungan. Kalau saya menulis tentang komputer nanti bisa kacau hehe.

Belajar yang rajin ya

Kun

9 10 2010
jean

mas kunaifi, saya mhsiswi pasca sarjana prodi Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, S1 saya teknik elektro prodi teknik tenaga listrik (arus kuat), saya mau menyusun thesis mohon bantuannya mas, saya bingung mau pake judul apa? trm ksh

9 10 2010
jean

mas kunaifi, saya mhsiswi pasca sarjana prodi Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, S1 saya teknik elektro prodi teknik tenaga listrik (arus kuat), saya mau menyusun thesis mohon bantuannya mas, saya bingung mau pake judul apa? trm ksh. mohon dikirm ke email saya.

9 10 2010
jean

email saya : jean_3105@yahoo.com

10 10 2010
jean

mlm mas kunaifi, saya mau nyusun thesis tpi saya bingung cri jdul saya S1 teknik elektro, S2 saya prodi Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Mohon bantuannya mas…. tolong bantuannya mas,, judul thesis yg hrus saya ambil. trm ksh mas, mohon dikirm ke e-mail saya : jean_193110@yahoo.co.id.

16 08 2012
Yoel Marthen

salam kenal pak Kunaifi..:)
saya Yoel (dibaca Yo’el; soalx beberapa org sering salah… hehehe), sedang mengambil S1 di Universitas Brawijaya jurusan Fisika prodi Geofisika… saya sangat tertarik sekali dengan permasalahan energi terbarukan pak, saya ingin membuat alat untuk membantu mencukupi kebutuhan energi terutama di daerah” yg sulit dijangkau oleh PLN… untuk mewujudkan mimpi itu saya memilih jalan untuk mengikuti program PKM-T karena bidang PKM-T mengharuskan untk bkerjasama dgn instansi sehingga setelah mengikuti program ini, hasilx dapat langsung diaplikasikan oleh mereka yg membutuhkan… namun yg sekarang menjadi kendala bagi saya adalah kurangx ilmu saya di bidang Fisika (skrng baru semester 3) sehingga terkadang saya hampir memperoleh ide namun saya bingung bagaimana hrs mengembangkanx , untuk menutupi kekurangan itu saya mulai aktif googling… skrg saya punya 1 ide, tapi saya sendiri msh ragu atau mungkin bingung untuk mengembangkanx, soalx sebelumx saya sdh pernah menanyakan pendapat ke salah satu dosen saya dan beliau pesimis dengan ide saya itu… kalau diperbolehkan, saya mau minta tolong ke bpk untuk memberikan masukan/perbaikan terkait ide saya itu atau mengarahkan saya ke arah yg lebih pas dgn saya menurut bpk… sekalian minta email bpk, biar nnt deskripsix saya krimkan ke email.. terimakasih sebelumx..:)

1 05 2013
Anonymous

askum pak kunaifi,saya mahasiswa S1 teknik elektro ub.saya lg skripsi bahas tentang hybrid solar cell dengan generator diesel…mohon bantuannya buat referensi untuk menambah pengetahuan saya pak.oh iya pak,apakah aplikasi homer itu ad yang free?terima kasih pak…
ini email saya liky_prosesor2008@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: