About me

 

048.jpg

Untuk melihat foto-foto silahkan Klik di sini.

051.jpg

About me

0531.jpgBerasal dari sebuah kampung bernama Pulau Godang Kari, Kabupaten Kuantan Singingi, Propinsi Riau.

Kunaifi adalah dosen muda di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Bidang risetnya adalah seputar sistem energi, managemen energi, dan keterkaitan keduanya dengan kelestarian lingkungan hidup; meliputi aspek-aspek teknologi, kebijakan, dan ekonomi. Pada bidang sistem energi, Kunaifi paling tertarik pada desain dan aplikasi pembangkit listrik skala kecil dan menengah, baik yang tersambung maupun tidak tersambung jaringan listrik, terutama teknologi energi surya dan tenaga air di kawasan terpencil negara berkembang. Pada bidang managemen energi, Kunaifi fokus pada kegiatan-kegiatan promosi hemat energi melalui penerapan managemen energi (termasuk audit energi) skala rumah tangga dan perkantoran. Untuk mengkomunikasikan persoalan energi dan lingkungan hidup kepada masyarakat luas, Kunaifi menulis belasan artikel seputar energi dan lingkungan hidup di media massa.

Kunaifi meraih gelar Sarjana Teknik dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Pendidikan Postgraduate Diploma in Energy Studies (PgDipEnSt) dijalaninya di School of Energy and Engineering Murdoch University, Western Australia. Program Master of Science (MSc) di bidang Renewable Energy Technology dijalaninya di universitas yang sama bekerjasama dengan Research Institute of Sustainable Energy, Australia (RISE).

Berbagai pelatihan seputar energi terbarukan dan akademik yang pernah diikutinya seperti:

Perancangan dan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Tersambung Jaringan di RISE.

Perancangan Digester Biogas, instruktur Nurzainah Ginting dari USU Medan.

Etika Riset dan Persiapan Field Work, Murdoch University, Australia

Tata Tulis Artikel Akademik, IALF Jakarta dan Murdoch University, Australia.

Selain mengajar dan meneliti, Kunaifi juga terlibat dalam kegiatan sosial dan profesional, antara lain:

Morenergy Western Australia.

Indonesian Renewable Energy Society (METI/IRES)

Asosiasi Profesional Ketenagalistrikan Indonesia

Yayasan Batobo Agri Lestari, Pekanbaru.

Kunaifi bekerja dan familiar dengan beberapa program simulasi komputer, antara lain:

HOMER, dari National Renewable Energy Laboratory USA, program simulasi pembangkit listrik baik stand-alone maupun grid-connected yang mencakup konfigurasi dari berbagai sistem seperti turbin angin, photovoltaic, mikrohidro, biomassa, generator, mikoturbin, fuel cells, batterai, dan hydrogen storage. Beban yang dapat disimulasikan HOMER mencakup beban listrik dan termal.

RETScreen4, dari RETSCreen International Canada, program simulasi yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi pra-studi kelayakan dan studi kelayakan proyek-proyek teknologi energi terbarukan, mengikuti pendekatan-pendekatan standar dan mutakhir yang dipakai dunia manajemen industri energi dalam proses pengambilan keputusan.

ViPOR, dari National Renewable Energy Laboratory USA dan University of Massachusetts USA, program simulasi yang cocok digunakan untuk proyek-proyek listrik desa. Berdasarkan data layout sebuah desa, ViPOR mampu menentukan apakah di desa tersebut lebih cocok dibangun sistem pembangkit listrik terpusat, atau pembangkit listrik terisolasi di setiap rumah dan gedung, atau kombinasi dari keduanya.

AccuRate, dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) Australia, adalah software resmi yang digunakan Australian House Energy Rating Scheme (HERS) untuk menilai level konsumsi energi dari suatu rumah atau gedung. Output utama dari AccuRate ialah rating/nilai yang menggambarkan tingkat efisiensi energi rumah/gedung yang diamati.

Cogen RR, dari Sinclair Knight Merz, program yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu sistem cogeneration diterapkan di suatu industri. Selain mempertimbangkan faktor teknis, keluaran utama dari Cogen RR adalah rekomendasi finansial proyek cogeneration, apakah menguntungkan diterapkan di suatu industri? Rekomendasi tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan net present cost selama 20 tahun untuk discount rate yang ditentukan.

Kunaifi tertarik untuk mengajar, berbagi pengetahuan dan berdiskusi dengan berbagai kalangan khususnya mahasiswa dalam mata kuliah-mata kuliah berikut:

Energi dan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas sumber-sumber energi yang tersedia di Bumi dan aplikasinya dalam menghasilkan tenaga untuk masyarakat manusia. Pendekatan mata kuliah ini adalah lintas bidang (multidisciplinary). Materinya meliputi pola konsumsi energi dunia, teknologi konversi energi, akibat sosial dan lingkungan dari pemanfaatan energi, sumber energi konvensional dan alternatif, penghematan konsumsi energi, dan pilihan-pilihan energi masa depan.

Managemen Energi

Mata kuliah yang membahas metode penghematan konsumsi energi di perumahan, perkantoran, industri dan sektor transportasi. Dipelajari teknik mengukur dan memonitor penggunaan energi, cara-cara meningkatkan kinerja peralatan listrik, desain bangunan hemat energi, dll. Mata kuliah ini juga mencakup audit energi, penerapan program hemat energi dan peluang keuntungan ekonomi dan lingkungan dari penerapan managemen energi. Dua buah praktikum dilakukan untuk membiasakan mahasiswa dengan prosedur-prosedur yang berlaku. Di bagian akhir kuliah ini, mahasiswa melakukan kunjungan ke industri yang telah menerapkan program energi managemen.

Kebijkaan Energi

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memahami proses pembuatan kebijakan (Kabupaten/Kota/Propinsi/Nasional) di bidang energi. Peran institusi-institusi (pemerintah atau non pemerintah) dalam menentukan bentuk dan arah pembangunan energi dibahas satu per satu. Kebijakan internasional, nasional, dan daerah dalam hal suplai dan industri energi (minyak, gas, nuklir, batubara, energi terbarukan, dll.) dibahas satu per satu. Pada bagian akhir dilakukan pengujian dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari kebijakan-kebijakan tersebut. Contoh-contoh kasus di beberapa negara dibahas.

Ekonomi Energi

Mata kuliah ini, pada bagian awal, memperkenalkan teori-teori ekonomi terkait sektor energi seperti: discounted cash flow analysis, levelised cost, benefit-cost analysis, dll. Topik-topik berikutnya menyangkut penentuan harga energi dan managemen resiko. Perhatian juga diberikan untuk membuka akses pada failitas-fasilitas energi, pajak-pajak di sektor energi, dll. Peran perusahaan listrik dan pembuat kebijakan di bidang kelistrikan juga dibahas. Bagian akhir kuliah ini ditekankan pada peran pasar energi saat aspek lingkungan dan sosial dalam setiap aktifitas energi dipertimbangkan.

Energi Terbarukan dan Pembangunan Berkelanjutan

Mata kuliah ini menjawab tantangan minimnya akses energi di negara-negara berkembang, khususnya di kawasan terpencil. Pendekatan dimulai dari studi kelayakan, desian sistem/proyek energi terbarukan, pemeliharaan, dan meningkatkan peran masyarakat yang menjadi target proyek. Beberapa jenis teknologi energi yang berkembang di negara berkembang dibahas secara singkat. Mata kuliah ini tidak sepenuhnya bersifat teknis, tapi bersifat holistik dengan mempertimbangkan aspek-aspek non teknis.

Energy Systems

Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai sistem konversi energi mulai dari desain hingga operasional. Sistem-sistem yang dibahas adalah berskala kecil hingga menengah yang sedang diterapkan di berbagai negara. Beberapa contoh sistem yang dipelajari adalah sistem terpisah (isolated) berbasis generator disel, sistem hybrid, photovoltaic systems (surya), sistem pembangkit energi angin, dan sistem pemanas surya (solar thermal), sistem Co-generation (CHP), fuel cells, dan mikrohidro.

Desain Sistem Energi Terbarukan

Fokus mata kuliah ini adalah pada desain sistem energi terbarukan, estimasi kinerja sistem, dan aspek ekonomi dari sistem yang didesain. Proses desain sebagian besar menggunakan software-software yang dikenal di bidang energi terbarukan, yaitu: RETScreen, RAPSIM, HOMER, Hybrid2, ViPor, Trnsys, f-Chart, AccuRate, FirstRate, dan Cogen RR. Proses validasi program-program komputer tersebut juga diperkenalkan. Mata kuliah ini dilengkapi dengan workshop sekali seminggu di mana mahasiswa belajar mengaplikasi software-software yang dipelajari.

Studi Kasus Sistem Energi Terbarukan

Mata kuliah ini merupakan tingkat lanjut dari mata kuliah energi terbarukan, biaanya diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana. Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tingkat tinggi di bidang sistem energi (konvensional dan terbarukan). Berbagai studi kasus proyek energi terbarukan (solar, angin, ombak, air, dan biomassa) disajikan pada mata kuliah ini. Pendekatan umum mata kuliah ini adalah bagaimana sebuah proyek dilaksanakan, mulai dari ide hingga aplikasi lapangan secara komersial. Sistem-sistem yang dibahas adalah grid conneted dan off-grid, baik yang sukses maupun yang gagal. Sebagian besar mata kuliah ini diajarkan oleh pihak industri (pemilik sistem-sistem yang dibahas). Pada mata kuliah ini juga diperkenalkan berbagai standar yang digunakan dalam desain, instalasi, monitoring, dan pemeliharaan sistem energi terbarukan. Standar-standar yang digunakan adalah Australian Standards, New Zealand Standards, dan International Electrotechnical Comission (IEC) Standard.

Sumber-sumber energi terbarukan

Mata kuliah ini membahas ketersediaan dan distribusi berbagai sumber energi terbarukan seperti radiasi matahari, angin, air, pasang-surut, ombak, dan biomassa. Metode-metode pengukuran, monitoring, dan analisa sumber-sumber tersebut dijelaskan dan beberapa praktikum dilaksanakan untuk menggambarkan prosedur yang ditempuh. Prinsip-prinsip dalam melaksanakan studi potensi energi di lokasi tertentu dibahas, yang mencakup sumber data, analisa data, dan estimasi data jika data aktual tidak tersedia.

Komponen Sistem Energi Terbarukan

Membahas prinsip kerja, desian, dan syarat-syarat dalam melakukan pemasangan berbagai peralatan/komponen sistem energi terbarukan. Komponan yang dipelajari adalah solar sel, turbin angin, solar thermal collectors, inverter, maximum power point trackers (MPPT) dan battery charge controllers.

Oversear Aids and International Development

Mata kuliah yang amat menarik dan cocok untuk aktvis LSM dan staf ahli yang mengelola dana pembangunan internasional dari donor-donor luar negeri. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk workshop. Di bagian awal diperkenalkan kondisi di negara-negara berkembang di mana banyak orang belum punya akses ke air bersih, sanitasi, kegiatan produksi, energi (termasuk listrik), dll. Di bagian berikutnya mahasiswa dibimbing langkah-demi langkah yang perlu ditempuh untuk dapat terlibat dalam membawa masyarakat tersebut ke kehidupan yang lebih baik, khususnya mengunakan dana dari donor internasional. Selanjutnya, mahasiswa dibimbing dalam menyusun proposal proyek. Bagian akhir kuliah ditekankan pada manajemen proyek dan manejemen LSM.

Daftar mata kuliah tersebut di atas hanya merupakan salah satu contoh pengelompokan mata kuliah yang ditawarkan oleh Kunaifi. Mata kuliah juga dapat dikelompokkan dalam bentuk lain misalnya: Energi Biomassa, Energi Angin, Energi Matahari, Energi Laut, dll.

Kunaifi dapat dihubungi pada alamat berikut:

Ruang Dosen Teknik Elektro Lantai 3, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau.

Email: kunaifi@hotmail.com atau kunaifi@uin-suska.ac.id

 

CV Kunaifi-En

 

CV Kunaifi-In

ngan Murparsaulian, wartawan di Riau Televisi (Riau Pos Grop) dan memiliki putra bernama Zia Al Khair Nailian. Dua

ifi adalah dosen muda di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Bidang risetnya adalah seputar sistem energi, managemen energi, dan keterkaitan keduanya dengan kelestarian lingkungan hidup; meliputi aspek-aspek teknologi, kebijakan, dan ekonomi. Pada bidang sistem energi, Kunaifi paling tertarik pada desain dan aplikasi pembangkit listrik skala kecil dan menengah, baik yang tersambung maupun tidak tersambung jaringan listrik, terutama teknologi energi surya dan tenaga air di kawasan terpencil negara berkembang. Pada bidang managemen energi, Kunaifi fokus pada kegiatan-kegiatan promosi hemat energi melalui penerapan managemen energi (termasuk audit energi) skala rumah tangga dan perkantoran. Untuk mengkomunikasikan persoalan energi dan lingkungan hidup kepada masyarakat luas, Kunaifi menulis belasan artikel seputar energi dan lingkungan hidup di media massa.

Kunaifi meraih gelar Sarjana Teknik dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Pendidikan Postgraduate Diploma in Energy Studies dijalaninya di School of Energy and Engineering Murdoch University, Western Australia. Program Master of Science di bidang Renewable Energy Technology dijalaninya di universitas yang sama bekerjasama dengan Research Institute of Sustainable Energy, Australia (RISE).

Berbagai pelatihan seputar energi terbarukan dan akademik yang pernah diikutinya seperti:

Perancangan dan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Tersambung Jaringan di RISE.

Perancangan Digester Biogas, instruktur Nurzainah Ginting dari USU Medan.

Etika Riset dan Persiapan Field Work, Murdoch University, Australia

Tata Tulis Artikel Akademik, IALF Jakarta dan Murdoch University, Australia.

Selain mengajar dan meneliti, Kunaifi juga terlibat dalam kegiatan sosial dan profesional, antara lain:

Morenergy Western Australia, berafiliasi dengan Greenpeace Asia Pacific.

Indonesian Renewable Energy Society (METI/IRES)

Asosiasi Profesional Ketenagalistrikan Indonesia

Yayasan Batobo Agri Lestari, Pekanbaru.

Kunaifi bekerja dan familiar dengan beberapa program simulasi komputer, antara lain:

HOMER, dari National Renewable Energy Laboratory USA, program simulasi pembangkit listrik baik stand-alone maupun grid-connected yang mencakup konfigurasi dari berbagai sistem seperti turbin angin, photovoltaic, mikrohidro, biomassa, generator, mikoturbin, fuel cells, batterai, dan hydrogen storage. Beban yang dapat disimulasikan HOMER mencakup beban listrik dan termal.

RETScreen4, dari RETSCreen International Canada, program simulasi yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi pra-studi kelayakan dan studi kelayakan proyek-proyek teknologi energi terbarukan, mengikuti pendekatan-pendekatan standar dan mutakhir yang dipakai dunia manajemen industri energi dalam proses pengambilan keputusan.

ViPOR, dari National Renewable Energy Laboratory USA dan University of Massachusetts USA, program simulasi yang cocok digunakan untuk proyek-proyek listrik desa. Berdasarkan data layout sebuah desa, ViPOR mampu menentukan apakah di desa tersebut lebih cocok dibangun sistem pembangkit listrik terpusat, atau pembangkit listrik terisolasi di setiap rumah dan gedung, atau kombinasi dari keduanya.

AccuRate, dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) Australia, adalah software resmi yang digunakan Australian House Energy Rating Scheme (HERS) untuk menilai level konsumsi energi dari suatu rumah atau gedung. Output utama dari AccuRate ialah rating/nilai yang menggambarkan tingkat efisiensi energi rumah/gedung yang diamati.

Cogen RR, dari Sinclair Knight Merz, program yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu sistem cogeneration diterapkan di suatu industri. Selain mempertimbangkan faktor teknis, keluaran utama dari Cogen RR adalah rekomendasi finansial proyek cogeneration, apakah menguntungkan diterapkan di suatu industri? Rekomendasi tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan net present cost selama 20 tahun untuk discount rate yang ditentukan.

Kunaifi tertarik untuk mengajar, berbagi pengetahuan dan berdiskusi dengan berbagai kalangan khususnya mahasiswa dalam mata kuliah-mata kuliah berikut:

Energi dan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas sumber-sumber energi yang tersedia di Bumi dan aplikasinya dalam menghasilkan tenaga untuk masyarakat manusia. Pendekatan mata kuliah ini adalah lintas bidang (multidisciplinary). Materinya meliputi pola konsumsi energi dunia, teknologi konversi energi, akibat sosial dan lingkungan dari pemanfaatan energi, sumber energi konvensional dan alternatif, penghematan konsumsi energi, dan pilihan-pilihan energi masa depan.

Managemen Energi

Mata kuliah yang membahas metode penghematan konsumsi energi di perumahan, perkantoran, industri dan sektor transportasi. Dipelajari teknik mengukur dan memonitor penggunaan energi, cara-cara meningkatkan kinerja peralatan listrik, desain bangunan hemat energi, dll. Mata kuliah ini juga mencakup audit energi, penerapan program hemat energi dan peluang keuntungan ekonomi dan lingkungan dari penerapan managemen energi. Dua buah praktikum dilakukan untuk membiasakan mahasiswa dengan prosedur-prosedur yang berlaku. Di bagian akhir kuliah ini, mahasiswa melakukan kunjungan ke industri yang telah menerapkan program energi managemen.

Kebijkaan Energi

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memahami proses pembuatan kebijakan (Kabupaten/Kota/Propinsi/Nasional) di bidang energi. Peran institusi-institusi (pemerintah atau non pemerintah) dalam menentukan bentuk dan arah pembangunan energi dibahas satu per satu. Kebijakan internasional, nasional, dan daerah dalam hal suplai dan industri energi (minyak, gas, nuklir, batubara, energi terbarukan, dll.) dibahas satu per satu. Pada bagian akhir dilakukan pengujian dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan dari kebijakan-kebijakan tersebut. Contoh-contoh kasus di beberapa negara dibahas.

Ekonomi Energi

Mata kuliah ini, pada bagian awal, memperkenalkan teori-teori ekonomi terkait sektor energi seperti: discounted cash flow analysis, levelised cost, benefit-cost analysis, dll. Topik-topik berikutnya menyangkut penentuan harga energi dan managemen resiko. Perhatian juga diberikan untuk membuka akses pada failitas-fasilitas energi, pajak-pajak di sektor energi, dll. Peran perusahaan listrik dan pembuat kebijakan di bidang kelistrikan juga dibahas. Bagian akhir kuliah ini ditekankan pada peran pasar energi saat aspek lingkungan dan sosial dalam setiap aktifitas energi dipertimbangkan.

Energi Terbarukan dan Pembangunan Berkelanjutan

Mata kuliah ini menjawab tantangan minimnya akses energi di negara-negara berkembang, khususnya di kawasan terpencil. Pendekatan dimulai dari studi kelayakan, desian sistem/proyek energi terbarukan, pemeliharaan, dan meningkatkan peran masyarakat yang menjadi target proyek. Beberapa jenis teknologi energi yang berkembang di negara berkembang dibahas secara singkat. Mata kuliah ini tidak sepenuhnya bersifat teknis, tapi bersifat holistik dengan mempertimbangkan aspek-aspek non teknis.

Energy Systems

Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai sistem konversi energi mulai dari desain hingga operasional. Sistem-sistem yang dibahas adalah berskala kecil hingga menengah yang sedang diterapkan di berbagai negara. Beberapa contoh sistem yang dipelajari adalah sistem terpisah (isolated) berbasis generator disel, sistem hybrid, photovoltaic systems (surya), sistem pembangkit energi angin, dan sistem pemanas surya (solar thermal), sistem Co-generation (CHP), fuel cells, dan mikrohidro.

Desain Sistem Energi Terbarukan

Fokus mata kuliah ini adalah pada desain sistem energi terbarukan, estimasi kinerja sistem, dan aspek ekonomi dari sistem yang didesain. Proses desain sebagian besar menggunakan software-software yang dikenal di bidang energi terbarukan, yaitu: RETScreen, RAPSIM, HOMER, Hybrid2, ViPor, Trnsys, f-Chart, AccuRate, FirstRate, dan Cogen RR. Proses validasi program-program komputer tersebut juga diperkenalkan. Mata kuliah ini dilengkapi dengan workshop sekali seminggu di mana mahasiswa belajar mengaplikasi software-software yang dipelajari.

Studi Kasus Sistem Energi Terbarukan

Mata kuliah ini merupakan tingkat lanjut dari mata kuliah energi terbarukan, biaanya diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana. Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tingkat tinggi di bidang sistem energi (konvensional dan terbarukan). Berbagai studi kasus proyek energi terbarukan (solar, angin, ombak, air, dan biomassa) disajikan pada mata kuliah ini. Pendekatan umum mata kuliah ini adalah bagaimana sebuah proyek dilaksanakan, mulai dari ide hingga aplikasi lapangan secara komersial. Sistem-sistem yang dibahas adalah grid conneted dan off-grid, baik yang sukses maupun yang gagal. Sebagian besar mata kuliah ini diajarkan oleh pihak industri (pemilik sistem-sistem yang dibahas). Pada mata kuliah ini juga diperkenalkan berbagai standar yang digunakan dalam desain, instalasi, monitoring, dan pemeliharaan sistem energi terbarukan. Standar-standar yang digunakan adalah Australian Standards, New Zealand Standards, dan International Electrotechnical Comission (IEC) Standard.

Sumber-sumber energi terbarukan

Mata kuliah ini membahas ketersediaan dan distribusi berbagai sumber energi terbarukan seperti radiasi matahari, angin, air, pasang-surut, ombak, dan biomassa. Metode-metode pengukuran, monitoring, dan analisa sumber-sumber tersebut dijelaskan dan beberapa praktikum dilaksanakan untuk menggambarkan prosedur yang ditempuh. Prinsip-prinsip dalam melaksanakan studi potensi energi di lokasi tertentu dibahas, yang mencakup sumber data, analisa data, dan estimasi data jika data aktual tidak tersedia.

Komponen Sistem Energi Terbarukan

Membahas prinsip kerja, desian, dan syarat-syarat dalam melakukan pemasangan berbagai peralatan/komponen sistem energi terbarukan. Komponan yang dipelajari adalah solar sel, turbin angin, solar thermal collectors, inverter, maximum power point trackers (MPPT) dan battery charge controllers.

Oversear Aids and International Development

Mata kuliah yang amat menarik dan cocok untuk aktvis LSM dan staf ahli yang mengelola dana pembangunan internasional dari donor-donor luar negeri. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk workshop. Di bagian awal diperkenalkan kondisi di negara-negara berkembang di mana banyak orang belum punya akses ke air bersih, sanitasi, kegiatan produksi, energi (termasuk listrik), dll. Di bagian berikutnya mahasiswa dibimbing langkah-demi langkah yang perlu ditempuh untuk dapat terlibat dalam membawa masyarakat tersebut ke kehidupan yang lebih baik, khususnya mengunakan dana dari donor internasional. Selanjutnya, mahasiswa dibimbing dalam menyusun proposal proyek. Bagian akhir kuliah ditekankan pada manajemen proyek dan manejemen LSM.

Daftar mata kuliah tersebut di atas hanya merupakan salah satu contoh pengelompokan mata kuliah yang ditawarkan oleh Kunaifi. Mata kuliah juga dapat dikelompokkan dalam bentuk lain misalnya: Energi Biomassa, Energi Angin, Energi Matahari, Energi Laut, dll.

Kunaifi dapat dihubungi pada alamat berikut:

Ruang Dosen Teknik Elektro Lantai 3, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau.

Email: kunaifi@hotmail.com atau kunaifi@uin-suska.ac.id

41 responses

14 01 2009
neyna

anak pulau godang asli bg???
aq anak pintu gobang..
salam knl aj…
skrg dmn???

15 01 2009
Kunaifi

Hallo Neyna. Iyo, daghi Cobodak Pilin. Kini ambo di Perth. Salam kenal.

2 02 2009
azzam alkampary

assalamaulaikum.
salam dari anak batu bolah bang,, antara bangkinang dan ayu tighi…

19 02 2009
pris

Halo..Kunaifi masih ingat aku nda? Gmn nih pengalamannya di Pert? Bagi-bagi donk strateginya menuju ke sana he he

Salam dari prist..alumni elektro STTNas

20 02 2009
Kunaifi

Hallo Pris. Tentu dong aku masih ingat. Masa sih lupa sama rambutmu yang gondrong hahaha. Apa kabarmu sekarang teman? Kita bisa ngobrol panjang via email (kunaifi@gmail.com).

Kun

3 03 2009
Primabhakti

Hallow om, apa bkr nh?? Lg sibuk kayaknya, apa kbr tante n ziah??

3 03 2009
Anonymous

Ya lumayan sibuk, Prim. Zia dan Tante sehat. Ada berita baru apa nih?

3 03 2009
Kunaifi

Ya lumayan sibuk, Prim. Zia dan Tante sehat. Ada berita baru apa nih?

5 03 2009
dwi

Pak Kunaifi, salam kenal dari Dwi, Pak Kunaifi alumni teknik elektro STTNAS Jogja ya? angkatan berapa pak?

Kalo Boleh kita share ttg energy efficiency.. alamat email saya:

dwi.setiyanto@sg.schneider-electric.com

atau

dwi_310002053@yahoo.com

5 03 2009
kunaifi

Hallo Dwi, panggil Kun aja.
Benar, saya alumni STTNAS, masuk 1996 tamat 2001. Mungkin saya lebih junior ya.
Ya, saya senang diskusi tentang efisiensi energi dan managemen energi.

14 03 2009
widi

halo Fi..
wah kejutan nih.. tambah produktif aja ya..
ya emang begitu seharusnya sorang dosen ya.. kerja otaknya lebih banyak daripada yang lain..

isi sangat menarik dan menginspirasi tentang penyikapan terhadap energi yang ada. memang selama ini kita terlalu manja dengan energi yang ada karena masih “bisa dibeli”, nggak tau kalo nanti suatu saat sudah menipis dan mahal.

walau dulu belajar ilmu yang sama, tapi sekarang beda aliran, penghasil energi sementara saya masih pennguna energi.
mudah-mudahan semua tetap ada manfaatnya.

tetap brkarya dan sukses selalu.

widi96040

14 03 2009
Kunaifi

Trims Wid. Aku sepakat dengan yang kamu katakan. Moga sukses selalu untukmu

25 03 2009
akbar

salam kenal bg, dosen di uni yo. dari kuok bg.

31 03 2009
Anonymous

assalm.
pak kunaifi salam kenal, ikutan share ttg energy nya ya pak. email sy :its_my.email@yahoo.com.trims
wass.

31 03 2009
Kunaifi

Salam kenal juga, Anonymous.

14 04 2009
Muhamad Ikhsan

Assalamualaikum,
Salam kenal Pak Kunaifi, senang lihat blog anda, hampir semua sesuai dengan yang saya pikirkan,
Saya ingin bergabung, bagaimana caranya?

Terima Kasih,
iksan

14 04 2009
Kunaifi

Wa’alaikum salam wr. wb., pak Ikhsan.

Senang sekali berkenalan dengan pak Ikhsan. Blog saya tidak punya anggota pak. Jadi siapapun bisa nimbrung menyampaikan komentar, kritik, dsb di sini. Semuanya untuk kemajuan kita bersama.

Trims pak.

16 04 2009
nida

Salam kenal, nama saya nida.
Saya dan kawan2 dari ITB sekarang ini sedang mengembangkan alat pembangkit listrik tenaga arus laut. Saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai renewable energy.
Apakah persyaratan agar saya dapat mengambil program master di Murdoch University tempat ada belajar sekarang?dan bagaimana mendapatkan beasiswanya?Mohon infonya. Terima kasih

16 04 2009
Kunaifi

Hallo Nida. Terima kasih atas komentarnya.

Persyaratan masuk universitas Murdoch dapat dilihat di http://www.murdoch.edu.au/Future-students/Applying-to-Murdoch/.
Sekedar info, renewable energy studies di Murdoch Uni lebih fokus pada sistem PV, Wind, fuel cell, dan hybrid. Jika anda bermaksud mengambil S2 coursework, memang ada juga materi-materi tentang ocean power, tapi tidak banyak. Salah satu yang sempat saya pelajari adalah CETO Wave Energy (http://www.ceto.com.au/home.php).

Jika anda ingin S2 riset (atau langsung lompat dari S1 ke S3), silahkan hubungi pihak Murdoch untuk menanyakan beasiswa. Kebanyakan mhs asal Indonesia di sini kuliah dengan biaya AusAid dan Dikti.

18 04 2009
Harris08

Salam bung Kunaifi.. Sebuh blog yg ok.. menggugah semangat.

18 04 2009
Kunaifi

Salam juga bung. Blog bung juga bagus. saya suka artikel bung ttg REDD. ingin beri komentar di sana, cuma agak rumit sehingga tidak berhasil.

20 08 2009
berita REED

mungkin juga rumit ya? pantesan belum ada yg berkomentar🙂
maklum masih belajar ngeblog. Gimana caranya supaya memudahkan pengunjung ninggalin komentar?

1 05 2009
Mr.x

aku sangat senang dan bangga melihat keadaanmu sekarang, dulu kita satu kampus beda jurusan, dari dulu kamu memang bercita-cita studi di luar negeri.akhirnya tercapai juga selamat dan sukses selalu….aku juga pernah keluar negeri ke singapura lima hari tapi jalan jaln doang….dari teman sekostmu dulu yg sangat mengidolakanmu…..

1 05 2009
Kunaifi

Main tebak-tebakan. Totok ya?

18 06 2009
RIEKSA

salam kenal ….
gmn ya cara mendapatkan(beli) pembangkit tenaga listrik (order)k negara kita???
gmn cara instalnya ap saja yang dibutuhkan untuk menghasilkan sistem yang bisa berfungsi(menghasilkan listrik)?

18 06 2009
Syauqy Ridha

Good Blog,,,, Good Luck

24 06 2009
rieksa

mas kunaifi mohon bimbingannya…thanks!!!! wasalam

21 07 2009
M Badri

Ass,
Apa kabar bang? Masih di Australia? Sekeluarga sehat kan?
Bang, saya tertarik pengen ambil PhD komunikasi di UWA (Tapi belum tahu kapan, masih planning n cari2 info beasiswa). Gimana suasana akademik n lingkungan sosial plus biaya hidup di sana? Dekat gak UWA dengan kampus abang?

Trims,
Salam sama kak mur…

M Badri

12 08 2009
Amalia

Dear Mas Kunaifi,
Saya suka banget baca blog ini. Banyak infonya. Tapi sayang nggak ada akses untuk kirim personal message ya?

Oya, saya lulusan Statistika dan sebentar lagi akan mengambil master Environmental and Energy Management di Universitas Twente (Belanda). Saya sebetulnya tertarik bikin riset (untuk thesis) mengenai pembangkit tenaga tidal. Menurut Mas Kunaifi bagaimana? Mengingat biaya (capital cost) yang sangat besar untuk pembangunannya, apa ada kemungkinan di Indonesia akan dibangun pembangkit tenaga tidal ini?

Rencana thesis lainnya adalah mengukur keberhasilan Desa Mandiri Energi yang sudah ada atau membuat sebuah rencana pembangunan Desa Mandiri Energi melingkupi analisis finansial dan sosialnya.

Mohon komentarnya ya…
Akan lebih senang kalau bisa diskusi lewat PM.
Terima kasih!

13 08 2009
kunaifi

Halo Mbak Amalia.
Terima kasih telah memberi komentar di sini. Personal message bisa dikirim ke kunaifi@gmail.com

Selamat ya atas rencana ke Twente. Saya rencana juga mau ke sana awal November untuk ikut short course bidang Energy Management. Belum pasti sih, moga-moga gak ada hambatan.

Tenaga tidal itu sangat site specific. Saya tidak punya data apakah potensinya di indonesia bagus/tidak. Secara konsep, ide ini menarik juga buat dikembangkan. Biayanya memang masih lumayan mahal. Di buku yang berjudul “Projected costs of generating electricity” ada panduannya.

Desa Mandiri Energi adalah ide bagus juga, dengan bikin satu contoh kasus di satu desa, akan ada gambaran umum buat desa-desa lain di Indonesia. Yang penting adalah bagaimana supaya program ini sustainable (ekonomi, sosial dan tentu saja lingkungan).

Silahkan kirim email mbak. Saya juga senang diskusi.

11 09 2009
wongdesmiwati

Halo bang, apa kabarnya, sudah selesaikah studynya? atau jangan-jangan dah sampai pekanbaru lagi?
riau parah banget krisis energinya, terakhir pulang sebelum puasa 2009, bikin dongkol, sehari mati listriknya 12 jam, gila aja…jadi nggak betah di pekanbaru.
cepat-cepatlah pulang kampung dan minimal dipraktekkan disalah satu site di riau, biar terbuka pikiran para pejabat itu untuk mulai membangun listrik yang tidak bergantung pada minyak dan gas bumi saja.
apalagi empat hari yang lalu UU Kelistrikan baru saja disahkan, makin terliberalisasi dan nggak mungkin orang desa dipelosok sana menikmati listrik, sementara yg dikota segera mendapati TDL naik 30-40%, rakyat miskin baik dikota maupun didesa sama-sama nggak bakalan bisa mengakses sumber energi ini….
btw, ada FB nya nggak?

25 11 2009
Hanan Nugroho

Blog bagus, banyak tulisan bagus. Mohon dapat kontak Pemda Riau (juga Kepri?) diskusikan dan sumbangkan pemikiran-pemikiran untuk mengatasi masalah keenergian mereka. Tetap pelihara semangat riset dan berbagai pengetahuan buat sesama. Salam, Hanan Nugroho

10 12 2009
asrul

Assalam.
Salam kenal bang say asrul mahasiswa ITS yang lagu belajar nulis blog. Prestasi anda luar biasa. Moga saya bisa banyak belajar setelah lihat2 blog anda.
kalo boleh sekalian blog baruku ini di link blog roll ya ?
Moga sukses lahir batin

6 01 2010
abdul hadi

wee…
keren pk blog nya,,

banyak ilmu yang saya dapat dari blog bpk..
terimaksih pk..

from: your student ( pengukuran dan instrumentasi)

4 05 2010
wandres

Waa.. keren nih Pak Kun,, foto lebarannya di perth.. sempet ceramah disana Pak,,. hee..

28 08 2010
lydia sari

Assalammualaikum, Saya Lydia saat ini tinggal di PAlembang, lahir di Pekanbaru 36 tahun lalu, kelas 2 SMP hijrah ke Palembang mengikuti orangtua di Universitas Sriwijaya.
Sya baru membuka blok Pak Kunaifi ini dan sungguh bagus, dan saya yakin hal ini sangat bermanfaat dan juga dapat pahala. Oh ya sudah baca buku Bapak Emil Salim yang judulnya Ratusan Bangsa Merusak Satu Bumi.?

30 08 2010
teknikelektrouinsuskariau

Salam kenal mbak Lydia.
Terima kasih atas komentarnya. Saya belum baca buku beliau. Kayaknya menarik. Nanti saya cari di toko buku. Trims ya

Kun

31 08 2010
bambangny tetuko

Mantap gan…salam.

23 10 2010
Ridho Irwansyah

waah..senangnya ketemu orang riau di blog..salam kenal

23 10 2010
Kunaifi

Salam kenal juga pak Ridho. Trims atas komentarnya

5 03 2014
heru

halo pak kunaifi…salam kenal, saya heru…sekarang sedang menempuh kuliah di jurusan teknik elektro..
Boleh saya minta tutorial software homer energy ga pak, untuk belajar, karena saya tertarik dengan renewable energy
terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: