Program Studi Energi Terbarukan (Renewable Energy Education)

17 01 2009

Pertumbuhan lapangan kerja di bidang energi hijau (green energy) dalam satu dekade balakangan sungguh pesat. Diperkirakan pertumbuhan akan makin tinggi di masa depan. Hingga 2030, diperkirakan sekitar 20 juta lapangan kerja baru di bidang energi terbarukan akan tersedia (UNEP, 2008). Silahkan baca tulisan yang lebih detail tentang topik ini di sini.

Peningkatan lapangan kerja seperti dipredisksi di atas disambut antusias oleh berbagai perguruan tinggi papan atas dunia. Kini, jumlah perguruan tinggi yang membuka program-program studi di bidang renewable energy bertambah. Antusias ini dipicu oleh trend dunia yang sedang transisi menuju green economy.

Berikut adalah beberapa universitas yang saya ketahui memiliki program studi dan riset di bidang renewable energy. Terdapat juga link ke website program studi jika anda berminat menelusuri lebih jauh.

Murdoch University, Western Australia

—- Energy Studies Program
—- Research Institute of Sustainable Energy

Solar Energy Reserach Institute, Universitas Kebangsaan Malayisa

Florida Solar Energy Centre, University of Central Florida

Energy Technology, School of Engineering Science, University of Southampton, UK.

Strategic Energy Institute, Georgia Institute of Technology, USA.

McMaster Institute for Energy Studies, McMaster University, Canada.

Institute of Energy Technology, Aalborg University, Denmark

Institut fur Solare Energieversorgungstechnik, Kassel University, Jerman.

National Library for Sustainable Energy, Technical University of Denmark

Centre of Renewable Energy System Technology, Loughborough University, UK.

Clean Energy Technology, The University of Texas-Austin, USA.

Renewable and Sustainable Energy Initiative, University of Colorado-Boulder, USA

Solar Energy, Australian National University

School of Photovoltaic and Renewable Energy, University of New South Wales, Australia

Renewable and Appropiate Energy Laboratory, University of California-Berkeley, USA.

The Centre for Energy Efficiency and Renewable Energy, University of Massachusetts, USA.

Centre for Energy, University of Newcastle, Australia

Power Engineering Research Laboratory, Mc Gill University, Canada

Solar Energy Laboratory, University of Wisconsin-Madison, USA

Institute for Energy System, Edinburgh University

Ada yang mau menambahkan daftar ini? Silahkan isi di from komentar di bawah.

Di bawah ini beberapa foto kagiatan perkuliahan dan fasilitas sistem energi terbarukan di universitas tempat saya belajar energi terbarukan, Murdoch University Western Australia.

196

Salah satu fasilitas riset off-grid power system di RISE – Murdoch Unversity (Foto: Anonymous)

1971

Fasilitas riset snergi surya, energi angin, dan beberapa aplikasi seperti solar pump di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

198Solar Taxi berkunjung ke Murdoch University (Foto: Anonymous)

199

Fasilitas praktikum pemanas air surya (solar water heater) di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

198

Fasilitas riset Hydrogen Fuel-Cell di RISE – Murdoch University (Foto: Anonymous)

199

Bus berbahan bakar Hydrogen Fuel-Cell. Salah satu hasil riset Murdoch University (Foto: Anonymous)

200

Mahasiswa Murdoch University di bawah bimbingan Dr. August Schlapfer memasak menggunakan kompor matahari (Foto: Anonymous)

201

Mahasiswa Murdoch University di bawah bimbingan Dr. August Schlapfer memasak menggunakan kompor matahari (Foto: Anonymous)

solar-cook05

Saya bersama teman-teman melakukan praktikum solar cooking (memasak dengan energi matahari) (Foto: kunaifi)

202

Di fasilitas RISE – Murdoch University ini mahasiswa mengamati karakteristik berbagai jenis solar cell. Di dalam bangunan berbentuk kotak di belakang PV array mahasiswa dapat membuat tiruan intensitas cahaya matahari yang mencapai Bumi (Foto: Anoymous)

191

Dengan fasilitas ini, RISE – Murdoch University melakukan pengujian peralatan energi terbarukan (misalnya inverter) sesuai standar internasional (Foto: RISE)

187

PV Array simulator di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

188

Panel-panel sistem energi terarukan di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

189

Battery storage array di RISE – Murdoch University (Foto: RISE)

190

Sebagian instrumen pengukur cuaca (intensitasradiasi matahari, kecepatan angin, arah angin, kelembaban, tekanan udara, dll) di RISE-Murdoch University (Foto: RISE)

194

Salah satu PV system di RISE-Murdoch University yang tersambung dengan jaringan listrik lokal (Foto: RISE)

203

Untuk mendukung riset energi terbarukan, Murdoch University memiliki stasiun meteorogi sendiri yang dapat diakses secara online di wwwmet.murdoch.edu.au


Actions

Information

29 responses

10 02 2009
Fahmi

wah,,kren..

coba ada kya gitu di Indonesia..

8 03 2009
Lingga

Salam kenal Pak. Mau menambahkan: TU Delft – TU Eindhoven – UTwente: M.Sc. Sustainable Energy Technology.

Saya sedang mencari beasiswa untuk bisa masuk ke salah satu dari program-program ini. Doakan saya ya Mas! Mudah-mudahan Indonesia tidak ketinggalan dalam hal renewable energy ini.

8 03 2009
Lingga

Salam kenal Pak. Mau menambahkan: TU Delft – TU Eindhoven – UTwente: M.Sc. Sustainable Energy Technology.

Saya sedang mencari beasiswa untuk bisa masuk ke salah satu dari program-program ini. Mudah-mudahan Indonesia tidak ketinggalan dalam hal renewable energy.

8 03 2009
Kunaifi

Terima kasih untuk update-nya Mas Lingga. Moga-moga segera berangkat ke Belanda.

24 03 2009
nahdya

mas, saya sangat tertarik dengan Program Energy Sustainable Technology. Boleh tau ga mas, lembaga pemeberi beasiswa untuk mas apa? dan bagaimana cara mendapatkannya. Karena saya sudah pelajari beberapa list uni yang mas tulis di atas, dan yang paling sesuai dengan tujuan saya, Uni Murdoch ini.

Saya Nahdya, S1 Arsitektur ITB, sekarang bekerja di Kementrian Lingkungan Hidup. Saya punya passion yang besar lingkungan hidup Indonesia.

trims mas, infonya…dan balasannya ditunggu

24 03 2009
Kunaifi

Hallo Nahdya. Senang mendapat teman yang tertarik dengan energi terbarukan. Saya sekolah di Aussie dengan beasiswa pemerintah Aussie (AusAid). DI bawah AusAid terdapat berbagai jenis beasiswa. Yang paling prestisius adalah ALA, tapi yang paling populer ialah ADS. Saat ini pendaftaran ALA sedang dibuka. ADS biasanya buka awal Juli. Karena Nahdya bekerja di departemen, peluang mendapat beasiswa AusAid lebih besar, asal mendapat izin atasan. Silahkan buka link berikut untuk info lebih lanjut:

AusAid: http://www.ausaid.gov.au/scholar/default.cfm
ADS Jakarta: http://www.adsjakarta.or.id

Selamat mencoba. Saya yakin Nahdya bakal dapat beasiswanya.

31 03 2009
Ikut pelatihan tapi nunggak «

[…] fasilitas lain di RISE (termasuk fasilitas indoor), silahkan lihat pada tulisan saya yang lain di  SINI. Namun masih cukup banyak fasilitas yang luput saya foto, antara lain fasilitas riset fuel cell di […]

2 04 2009
Andari

Saya pengajar di sebuah fakultas di bidang ekonomi universitas negeri. Saya interest dengan tema-tema lingkungan sehingga saya mengintensifkan riset di bidang etika bisnis terkait kebijakannya pada lingkungan.

Saya sedang berusaha menyusun proposal guna melanjutkan studi S3 di luar. Menurut Pak Kunaifi, universitas apa yang bisa saya tuju?

2 04 2009
Kunaifi

Mungkin sekolah ini cocok buat bu Andari? http://www.sustainability.murdoch.edu.au/
Mereka punya reputasi bagus.

8 04 2009
Nahdya

Halo mas kun, its me again! =D
mas, apa sih yang dimasud unconditional offer of admission ?
gimana caranya dapet unconditional offer of admission dari Murdoch/uni2 yang lain? ada template/content email/surat yang kita kirim untuk dapetin itu?

thank You mas, i hope u’re the answers of
my biggest dream =)
Nahdya

8 04 2009
Kunaifi

Unconditional offer itu akan diterima setelah mengirimkan formulir pendaftaran. Surat itu menyarakan bahwa pendaftar diterima sebagai mahasiswa di sana TANPA SYARAT.

Untuk mendaftar ke Murdoch University, silahkan buka halaman ini: http://www.murdoch.edu.au/International-students/Applying-to-Murdoch/
Pendaftaran bisa dilakukan online. Nanti akan diminta membuat account sendiri.

Website Murdoch Uni menyediakan informasi lengkap bagi calon mahasiswa. Jika ingin menanyakan lebih detail seilahkan kirim email ke International Applicant Office di : internat@murdoch.edu.au atau telepon ke Tel: +61 3 96274809

Link berikut mungkin berguna:
– Fasilitas studi dan riset renewable energy di Murdoch Uni: http://www.rise.org.au.
– Mata kuliah di MSc program Renewable Energy Murdoch Uni: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=M1155 (catatan: untuk mahasiswa International, panjang progam Master Renewable Energy adalah 2 tahun. Tahun pertama harus ikut PostGraduate Diploma Energy Sudies dulu, atau Postgraduate Diploma in Energy and the Environment).
– Mata kuliah PostGraduate Diploma Energy Studies: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=P1000
– Mata kuliah Postgraduate Diploma in Energy and the Environment: http://handbook.murdoch.edu.au/courses/detail.lasso?crscd=P1030

Jika ingin berkomunikasi dengan Program Chair (Ketua Program Studi) Energi Terbarukan, silahkan email Dr. Trevor Pryor di : T.Pryor@murdoch.edu.au. Bilang saja dapat info dari saya.

Selamat mencoba ya, moga sukses

12 05 2009
yudhi aswad

thanks mas, atas infonya…saya sangat-sangat tertarik dengan isu-isu berkembang seputar energi terbarukan, sayang sekali pemerintah kita hanya sesaat saja seriusnya waktu itu saya masih ingat pak SBY nanam pohon jarak, setelah itu mati suri program tuh, atau bahkan mati sama sekali.
btw, thanks banget infonya

28 06 2009
Yosef Christianto Rumbino

hallo mas
saya mahasiswa dari papua yang tertarik dengan bidang ini dan rencannya saya mau ambil renewable energy. saya memiliki permasalahan IBt score apakah saya harus menunggu sampe scorenya bagus dulu baru mendaftar mas? karena saya sudah mendapatkan beasiswa dari pemerintah papua. mohon batunnya

28 06 2009
Kunaifi

Halo Pak Yosef
Terima kasih atas emailnya. Jika pak Yosef ingin mendaftar ke universitas tempat saya belajar ada dia jalur (jika pak Yosef ambil S2). Pertama, lengkapi dulu segala persyarakat termasuk IELTS score lalu mendaftar. Jika skor IELTS belum cukup, masih bisa mendaftar, tapi harus ikut kelas bahasa Inggris dulu, biasanya selama sekitar 6 bulan. Biaya kelas b Inggris ini ditanggung calon mhs.

Demikian pak.

29 06 2009
Yosef C Rumbino

hal mas kunaifi
iya kemarin saya baru saja test IBt dan hasilnya tidak memuaskan… rencannya akan ambil lagi sapai mendapakan score yang benar2 mendekati. mas apakah kalo kita mau mendaftar gitu kita harus buat proposal buat penelitian dulu? kalo dulu mas bgm? dan kalo boleh tahu sebelum kesana proposal penelitian tentang apa ya?

salam,

Yosef C Rumbino

29 06 2009
Yosef C Rumbino

mas…
sory ada yang lupa
kira2 dulu waktu mas sampai dapat beasiswa dan ketrima di kampus ini, apa yang membuat mereka menerima mas? nilai IELTS or IPK waktu di kuliah?
trima kasih atas infonya

salam

Yosef C Rumbino

29 06 2009
sidopekso satwiko

Selamat Sore mas
Saya alumni murdoch thn 92 saya selesai dari fisika. dulu philip jenings serta john cornish sebagi pembimbing nya. bagai mana apakah riset tentang solar energy masih berlanjut sampai saat ini di Murdoch Uni ? please need to up date my solar cell.
thanks

30 06 2009
Anonymous

hal mas sidopekso satwiko

saya mau tanya ketika mas lulus dari murdoch university. begaminana peluang kerja di indonesia? jika boleh tahu mas sekarang kerja dimana? apakah di lembaga energy juga. dulu waktu mas masuk kampus ini mendapatkan beasiswa atau kah biaya sendiri? jika dapat beasiswa boleh tahu dari mana?
sory mas banyak tanya.. thx atas infonya

8 08 2009
neilcy

saya butuh info banyak tentang energy. tentang study juga riset2 yang berkembang. Juga minta ijin ngutip dari tulisan di blog pak kunaifi.
trimakasih.

8 08 2009
Kunaifi

Silahkan Neilcy. Saya senang jika ada yang tertarik dengan artikel-artikel saya..

10 08 2009
Dias Prihantoro

Aslm, Mas.. Sy senang baca Artikel anda, saya nemu pas search renewable energy, bisa dapat info lagi yg banyak ga ya Mas… misal lewat jurnal-jurnal atau free magazine, kalau ada info lg tolong dikabari ya Mas…
Trims…

26 02 2010
Perwira Aria

keren bang.
ada rancangan untuk bikin kompor tenaga surya ga?
ane mau bikin buat semacan oven mini untuk ngeringin gundam yang ane cat

9 10 2010
Emy

sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak tentang informasi diatas yang sungguh bermanfaat

perkenalkan saya emy, lulusan teknik fisika ITS bidang energi, saya baru wisuda seminggu yang lalu saya sedang mencari program beasiswa s2 bidang renewable energi…

Alhamdulllah saya ketemu blok ini.

kalu boleh tau syarat2 untuk program beasiswa ke murdoch uni apa aja?
prosedur pendaftaranya apa aja?

terimakasih banyak,

mohon dijawab

8 11 2010
Cut Aja Fauziah

Hi Mas Kunaifi,
Senang sekali saya mendapatkan teman yang mempunyai minat di bidang yg sama.
Perkenalkan, saya Ajaa, dari Aceh, Lulusan MIPA-Kimia.
Saya sangat tertarik dengan bidang renewable energy. Saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan s2 di bidang renewable energy, dengan bantuan beasiswa Pemda Aceh untuk study ke Amerika.
Tapi saya belum memutuskan universitas yang akan saya tuju.
Apakah mas Kunaifi mempunyai informasi mengenai Universitas di Amerika yang mempunyai reputasi bagus untuk bidang Renewable Energy? Kalo berkenan mohon share informasi tersebut ke saya.
Thank you mas..

25 11 2010
kunaifi

Mas Ajaa.
Di Amerika ada beberapa universitas yang mengadakan S2 energi terbarukan. Jadi tergantung fokus mas Ajaa bagian apa di energi terbarukan yang mau dipelajari.
Untuk survey awal saya rasa bagus juga dilihat Massachussets dan Berkeley University.

7 02 2012
Hendy Saputra

terimakasih infonya mas.
btw utk universitas di Indonesia apakah sudah ada yg membuka program magister untuk energi terbarukan? saya cari2 di web yg saya dapatkan baru di Universitas Darma Persada. Kalau utk UI atau IPB apakah sudah ada ya? kebetulan lokasi tinggal saya di depok dan bekerja di jakarta. sapa tau bisa nyambi kerja kuliahnya. trims ya mas

1 04 2012
kunaifi

Pak Hendy
Yang saya tahu memang di Unsada. Selain itu coba cek di Teknik Fisika UGM.
Kun

30 04 2013
Ariando anwar

Salam kenal mas Kunaifi.

Halo salam sejahtera buat teman2 semua, perkenalkan nama saya ariando. Saya sangat tertarik dengan obrolan yang ada mengenai renewable energy.

Saya lulusan Teknik Perminyakan trisakti dan saat ini sedang bekerja di salah satu mining company di jakarta, sekarang saya sedang mencari sekolah mengenai renewable energy di german atau malaysia mungkin teman2 punya info mengenai UNI mana saja yang kira2 bisa saya masuki? Dan satu hal lagi yang ingin saya tanyakan dari bidang renewable energy ini sub pokok pelajarannya apa saja ya.

Sebelumnya terimakasih mas udah mau share mengenai hal ini.

30 04 2013
Ariando

Salam kenal pak kunaifi.

Saya tertarik dengan blog bapak mengenai renewable energy,,
Nama saya ando pak boleh ga saya minta email bapak?

Leave a Reply

