Kamus Bahasa Inggris Bergambar (Visual English Dictionary)

25 11 2008

Saya sudah lama mencari kata bahasa Inggris untuk ‘tutup botol.’ Di kamus tidak ketemu. Bertanya pada teman-teman pun tidak ada jawaban. Pernah tanya ke teman bule, tapi kemudian lupa lagi.

Dulu di Jakarta pernah lihat ada teman punya kamus bergambar yang bagus sekali. Dari kamus itu saya menemukan kata bahasa Inggris untuk ‘kantong baju yang ada tutupnya’ (flap pocket). Saya juga menemukan beda antara ‘arm’ dan ‘hand’ pada kamus bergambar itu.

Pencarian kata ‘tutup botol’ membuat saya butuh kamus bergambar. Cari-cari di katalog pustaka ketemu Oxford English Visual Dictionary. Sangat lengkap tapi sayang cuma ada versi online. Repot juga kalau setiap mau lihat kamus mesti login dulu. Mesti cari yang lebih praktis dan gratis.

Akhirnya pencarian pun menemukan hasilnya. Walaupun tidak lengkap-lengkap sangat, tapi sunggguh membantu. Silahkan cek di http://visual. merriam-webster. com/index. php

168

Contoh tampilan di Merriam-Webster Visual Dictionary Online

Kamus ini bernama Merriam-Webster Visual Dictionary Online. Saya langsung tertarik karena ada ‘Webster’ pada namanya. Webster adalah jaminan mutu untuk kamus. Pada kamus online ini anda dapat mencari gambar untuk kata yang anda inginkan. Kamus ini tidak hanya akan membawa anda pada gambar yang persis mewakili kata yang anda cari, tapi juga menampilkan gambar untuk kata-kata sejenis dan mirip.

Jika ingin mencari gambar untuk kata-kata pada bidang tertentu pun bisa. Tersedia pilihan mulai dari Astronomi hingga Olahraga.

Selamat mencoba.


Actions

Information

5 responses

25 11 2008
primoseto

informasi yang sangat berguna mas..

trims.. sudah lama saya juga browsing untuk hal yang satu ini, dan ternyata justru di blog mas saya menemukan infonya..

26 11 2008
Kunaifi

Semoga berguna……

29 12 2008
Anonymous

You can use these tags :

19 08 2009
Iis Kusaeri

Kamus versi pdf bergambar untuk anak2 ada nggak ya?? Kalau ada, tolong dong email saya. Atau informasikan link-nya deh. Saya sangat membutuhkannya sebagai bahan ajar. Terima kasih, semoga sukses.

24 12 2009
Yoga

walah malah disuruh nyari lagi,, kirain bakal langsung ada terjemahan nya .. lamalagi mas😦

Leave a Reply

