Pelayanan Masyarakat dalam Bepergian (Public Services in Transportation)

22 09 2008

Tulisan ini mengisahkan salah satu bentuk pelayanan masyarakat oleh Pemerintah/Lembaga Publik yang patut dicontoh di Indonesia.

Di Perth, transportasi publik dikelola oleh pemerintah di bawah perusahaan bernama TransPerth. TransPerth adalah perusahaan besar yang melayani transportasi darat (bus kota dan kereta api) dan transportasi air. Mereka punya ratusan armada bus, ratusan kereta api modern, ratusan kapal, dan ratusan terminal besar dan kecil yang siap melayani anda bepergian kemanapun di sekitar Perth.

Bus TransPerth (Foto: Wikimedia)

Lebih setahun menggunakan TransPerth saya belum menemukan masalah apapun. Semuanya serba terjadwal dengan baik. Pelayanan di kendaraan pun memuaskan. Sopir-sopir selalu menyapa dengan senyum dan gembira. Pembayaran secara elektronik menggunakan kartu khusus pun memudahkan untuk bepergian.

Jika akan melakukan perjalanan ke tempat yang belum diketahui, saya biasa menggunakan website TransPerth di http://www.transperth.wa.gov.au. Di website ini terdapat software bernama Journey Planner. Anda tinggal memasukkan posisi anda sekarang dan tujuan anda. Maka Journey Planner akan mencarikan anda jalur terdekat, lengkap dengan waktu keberangkatan dan waktu tiba, dan informasi lain.

Ketera Api TransPerth (Foto: BusAustralia)

Untuk memudahkan dalam mengenali lokasi tujuan, saya biasanya melihat peta rute TransPerth. Karena di sana saya bisa melihat jalan-jalan dan fasilitas-fasilitan umum yang akan saya lewati. Nah, tulisan ini adalah tentang peta itu.

Suatu hari saya membuka website TransPerth dengan maksud mendownload peta tersebut, karena yang pernah saya download hilang. Tapi saya tidak menemukan halaman website yang saya cari. Saya kemudian mengirim email ke TransPerth menggunakan form yang tersedia. Pada email tersebut saya sebutkan bahwa saya menginginkan halaman tersebut dipasang kembali di website TransPerth.

Ferry TransPerth (Foto: Lookatwa)

Saat mengirim email, saya tidak terlalu berharap akan ada jawaban. Sebab saya bukan siapa-siapa di sini. Lagipula halaman yang saya minta itu bukan halaman yang teramat penting. Kebanyakan orang sudah cukup puas dengan Journey Planner. Juga, TransPerth adalah perusahaan besar yang tidak mungkin rasanya melayani hal remeh-temeh seperti yang saya minta. Pikir saya, masa sih pegawai TransPerth mau dibuat sibuk oleh saya yang tidak mereka kenal.

Tapi respon yang saya dapatkan sungguh mengesankan. Sehari setelah mengirim email saya mendapat balasan bahwa email saya telah diforward ke webmaster TransPerth. Ketika itu saya masih berpikir bahwa webmaster tidak akan melakukan apa-apa untuk saya. Tapi dua hari kemudian, ketika saya sudah lupa akan permintaan saya, sebuah email datang dari TransPerth. Pengirimnya pun tidak tanggung-tanggung, yaitu Manager Marketing. Isinya adalah pemberitahuan bahwa permintaan saya telah dipenuhi. Artinya, mereka telah bekerja khusus untuk memasang halaman tersebut di website TransPerth. Dalam hati saya berkata, “maaf telah merepotkan.”

Stasiun Kereta Api TransPerth (Foto: Picasaweb)

Inilah bunyi surat mereka kepada saya: Dear Kunaifi. I am writing in response to your comment regarding the network maps available from the Transperth website. These maps are now available from the website http://www.transperth.wa.gov.au/TimetablesMaps/Busnetworkmaps/tabid/355/Default.aspx) and Transperth would like to apologies for their removal. Kind regards, ######, Marketing Manager Transperth.”

Sudahlah dibikin repot, minta maaf pula. Indahnya jika pelayanan publik seperti ini menjadi kebiasaan kita di Indonesia.

Catatan: ini bukanlah pengalaman pertama saya mendapatkan pelayanan publik yang mengesankan selama di Australia.


Actions

Information

One response

25 10 2008
hendri

Kapan ya kita di Indonesia punya pelayanan seperti ini…. Mudah-mudahan semua warga kita Indonesia bisa sadar dan belajar dari pengalaman orang-orang seperti bang kunaifi……

Leave a Reply

