Akankah UNFCCC Bali berakhir sia-sia?

14 12 2007

Kalau ditanya negara mana yang paling bebal di dunia, jawabannya adalah Jepang, Kanada dan tentu saja Amerika. Ikuti laporan Detik Com tanggal 14 Desember 2007, 2 jam setelah penutupan konferensi PBB tentang climate change (UNFCCC) di Bali.

Gagal Sepakati Bali Road Map
Ari Saputra – detikcom

Masa depan Bali Road Map kian suram. Tiga negara maju, AS, Kanada dan Jepang mematahkan semangat 177 negara peserta Konferensi Perubahan Iklim (UNCCC). Alhasil, UNCCC hanya berisi pernyataan umum tanpa ada mekanisme praktis untuk mencegah pemanasan global.

“Menurut perkiraan saya draft yang sampai sekarang masih dibuat, hanya sebatas berisi pernyataan umum,” kata Munir Akram, Ketua Group of 77 (G-77) dan China, dalam jumpa pers di Bali International Convention Centre (BICC), Jumat (14/12/2007).

Sayangnya, Munir tidak mau menyebut persis negara mana yang mengganjal kesepakatan tersebut. Akan tetapi, diduga kuat tiga negara maju yakni AS, Kanada dan Jepang yang menolak kesepakatan tersebut. Sebab, AS sampai pukul 21.00 Wita belum mau untuk menyepakati protokol Kyoto. Kanada dan Jepang mendukung AS.

“Ada beberapa negara yang bersikap agnostis, acuh tak acuh, terhadap temuan ilmiah IPPC. Sebab, jika mereka mengakui temuan IPPC maka mereka harus siap menjalankan rekomendasi IPPC,” ujarnya.

IPPC adalah riset ilmiah yang merekomendasikan negara maju menurunkan emisi sebesar 20-40 persen pada tahun 2020.

091.jpg

Foto: http://www.smh.com.au

Sebagai catatan, UNFCCC dihadiri 10.000 peserta dari 180 negara dan 144 menteri. Selama 2 minggu menggelar konferensi total uang yang dihabiskan diperkirakan mencapai Rp 144 miliar.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: