Eye contact.

13 12 2007

083.jpgEye contact alias bertatapan mata adalah penting dalam pergaulan. Dalam masyarakat barat, eye contact berkaitan erat dengan respect atau disrespect. Jika seseorang mengajak anda bicara tapi anda tidak melihat matanya, lawan bicara anda bukan hanya akan merasa tidak dihargai, bahkan bisa-bisa marah pada anda.

Begitu juga saat anda bersalaman. Ketika masih aktif di beberapa LSM di Pekanbaru, saya dan teman-teman sering mengadakan acara yang menghadirkan orang-orang yang punya jabatan atau status sosial tingkat tinggi, minimal untuk ukuran Riau. Saya sering memilih menjadi penerima tamu dengan alasan pekerjaan itu gampang, tidak perlu mikir macam-macam dibandingkan jadi pimpinan sidang, notulen, MC, dsb. Ketika tamu datang, penerima tamu akan menyalami mereka dan mengucapkan selamat datang. Pada tamu yang saya kenal baik, saat menyalaminya saya sering membisikkan beberapa kata yang bikin dia tergelak. Jika sudah begitu, sukseslah tugas saya sebagai penerima tamu yang menyenangkan.

Sebagian tamu tahu betul bahwa mereka orang penting. Tamu seperti ini kebanyakan tidak memandang, walaupun hanya sebelah mata, pada penerima tamu yang menyalaminya. Jika di sana ada orang yang dihormatinya, jangan harap dia akan memandang anda yang ‘hanya’ penerima tamu, dia akan menyalami anda tapi memandang pada orang yang dihormatinya itu, seakan-akan berkata, “saya tak butuh anda, yang saya butuhkan dia.” Awalnya saya jengkel pada orang-orang seperti ini, apalagi sebagian besar yang berperilaku seperti ini adalah orang-orang tanggung. Artinya jabatan tidak rendah tidak juga tinggi, atau BJP (baru jadi pejabat), atau OKB (orang kaya baru). Tapi lama-kelamaan, karena tetap hobby jadi penerima tamu, hal seperti itu jadi hiburan bagi saya. Biasanya saya dan teman-teman sesama penerima tamu akan menghitung berapa orang tamu yang melakukan hal seperti itu.

082.jpgDi masyarakat barat tidakan seperti itu tidak hanya dianggap tidak sopan, tapi kurang ajar. Di negeri ini sekat-sekat sosial hampir-hampir tidak ada. Walaupun anda penunggu meja hidangan, anda mesti dihormati. Anda dihormati bukan karena jadi penunggu hidangan, tapi selaku individu yang pasti punya kehormatan. Karena siapa sangka, pengurus teras sebuah LSM/organisasi yang menjadi tokoh kunci pada acara itu memilih menjadi penerima tamu atau penunggu hidangan untuk bersenang-senang?

Urusan eye contact ini juga terjadi saat seorang anak dimarahi orang tuanya. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa di Indonesia dan sebagian besar negara timur lainnya, jika seorang anak dimarahi orang tua, maka sang anak akan menundukkan kepala sebagai bukti bahwa dia menghormati orang yang memarahinya. Jangan sekali-kali menatap mata orang tua yang sedang marah sebab sang anak bisa-bisa dibentak, “kamu menantang saya?”

Sebaliknya, seorang anak di negara barat jika dimarahi justru akan menatap mata orang tuanya. Jika tidak, orang tuanya akan berkata, “tatap mata saya, kamu tidak mendengarkan saya ya?”

Eye contact justru bisa menjadi penentu kesuksesan anda jika melakukan presentasi. Seorang presenter yang sukses akan menatap mata para pendengarnya secara bergantian. Hal ini akan menimbulkan kesan pada pendengar bahwa pembicara memperhatikan dia, bahwa pembicara berbicara untuk dia. Dengan menatap mata pendengar, sang presenter juga menunjukkan bahwa dia punya kepercayaan diri tinggi. Bandingkan dengan presenter yang tidak berani menatap mata pendengarnya. Para pendengar akan menilai presenter tidak siap, tidak menguasai materi yang disampaikannya, sehingga presentasinya tidak menarik dan membosankan.

Lain lubuk lain ikannya.


Actions

Information

Leave a Reply

