e-government (2)

13 12 2007

Tulisan ini masih tentang e-government.

087.jpgKarena sudah memasuki akhir semester, dan segera memasuki libur musim panas yang lamanya 2.5 bulan, saya berpikir saatnya untuk bekerja, making Australian dollars. Untuk bisa bekerja, perlu dua syarat. Syarat pertama, saya mesti mengganti status visa dari visa student tanpa izin kerja ke visa student dengan izin kerja. Syarat kedua adalah meminta nomor pokok wajib pajak (NPWP), namanya lebih singkat yaitu Tax File Number (TFN).

Kedua syarat itu sangat penting, sebab menyangkut status saya selaku pendatang di negeri orang. Saking pentingnya, kedua dokumen itu, masing-masing juga perlu syarat pengurusan yang lumayan banyak. Tapi anda akan heran membaca lanjutan kisah ini, karena ternyata kedua dokumen penting itu, yang punya banyak persyaratan, hanya perlu diurus dengan cara sederhana.

088.jpgKedua dokumen penting itu bahkan bisa saya urus dari kamar. Pertama, mengurus perubahan visa. Jam 12 malam menjelang tidur saya buka website Departemen Imigrasi Australia. Lalu masuk ke halaman perubahan visa. Di sana terdapat formulir yang kemudian diisi secara online. Setelah form diisi lengkap, saya tekan tombol Submit. Berarti pendaftaran saya sudah masuk. Saya pun berangkat ke peraduan. Mimpi jadi Spiderman, tapi takut melihat seorang preman memalak penjual bubur.

Jam 9 pagi besoknya saya buka internet dan menemukan sebuah email dari Departemen Imigrasi. Email itu berisi ucapan terima kasih telah mendaftar, mengatakan semua persyaratan sudah lengkap, kecuali satu, yaitu surat dari universitas menyatakan saya terdaftar selaku mahasiswa pada semester itu. Karena sudah belajar dari pengalaman sebelumnya, saya langsung kirim email ke International office di kampus minta buatkan surat tersebut. Kemudian saya pun mandi. Setelah mandi, saya sudah menemukan balasan dari International office, di sana ada file pdf surat yang saya minta. File tersebut saya forwardkan ke kirimkan dengan sedikit catatan ke Imigrasi, masik pakai email. Dua hari kemudian saya mendapat email bahwa visa saya sudah berubah, nomor visa baru adalah XXXXXX. Saya diminta datang ke kantor imigrasi kapan sempat untuk menempelkan visa baru ke passport dan membubuhkan tanda tidak berlaku ke visa lama.

Kembali saya dibuat kagum oleh proses sederhana dan cepat ini. Lho, bukankah perubahan visa itu perlu banyak dokumen sebagai persyaratan? Benar, tapi semua persyaratan itu sudah ada di file saya di kantor imigrasi sejak saya masuk ke negeri itu. Saya tidak perlu mengirimkan dokumen yang sama. Pikiran saya terbang ke kantor saya di Riau. Di sana, setiap dua bulan ada surat dari Bos A, atau Bos B, atau Bos C meminta biodata dosen/pegawai.

Ketika mengurus persyaratan kedua, yaitu Tax File Number, saya mengulangi proses serupa. Buka internet, mengisi form, submit, beberapa hari kemudian datang email bahwa saya sudah punya NPWP.

Kemudahan ini menimbulkan pertanyaan dalam pikiran saya, “apakah cara yang gampang, cepat dan murah ini” tidak bisa diterapkan di Indonesia?” Kalau bisa, betapa gampangnya mengurus SIM, Surat Kelakukan Baik, Kartu Pencari Kerja, KTP, KK, Akte Kelahiran, Surat Tanah, Surat Bukan Anggota PKI dan Partai Terlarang, Surat Setia Pada Pancasila, Surat Tidak Pernah Tersangkut Masalah Pidana, Surat Keterangan Ganteng, Surat Keterangan Sudah Sarapan, Surat Belum Mandi Pagi, Surat Keterangan Bisa Mengaji, Surat Keterangan ini, itu, dan banyaaaakkkk jenis surat lain yang mesti diurus setiap mau bikin SIM, Surat Kelakukan Baik, Kartu Pencari Kerja, KTP, KK, Akte Kelahiran, Surat Tanah, Surat Bukan Anggota PKI dan Partai Terlarang, Surat Setia Pada Pancasila, Surat Tidak Pernah Tersangkut Masalah Pidana, Surat Keterangan Ganteng, Surat Keterangan Sudah Sarapan, Surat Belum Mandi Pagi, Surat Keterangan Bisa Mengaji, Surat Keterangan ini, toloonnggggggg….

Cape deh.


Actions

Information

Leave a Reply

