Ayo rebut beasiswa ke India!

14 10 2007

Ayo rebut beasiswa ke India!

010.jpgIndia tidak hanya dikenal karena joged-nya atau karena filmnya yang kerap membuat penonton berurai airmata. Bersama China, India kini adalah “raksasa” ekonomi baru. Bahkan Bill Gates terdepak dari posisi sebagai orang terkaya dunia oleh Mukesh Ambani, pengusaha India (Republika). Mata dunia memandang India dengan pandangan kagum. Bahkan kini India dikategorikan sebagai negara maju, walaupun masih memiliki banyak penduduk miskin. Dalam pendidikan, India kini direkomendasikan karena pendidikannya yang berkelas dunia. Hasil pendidikan India dapat dilihat secara kasat mata. Bagitu banyak alumni India yang kini menjadi pakar terkemuka di universitas-universitas Eropa, Amerika, Australia, dll.

Selain kualitas, bagi calon mahasiswa dari Indonesia, India menarik karena biaya pendidikan yang murah. Hal ini disebabkan nilai tukar Rupiah dan Rupe terpaut rapat, sehingga biaya kuliah di India relatif sama dengan di Malaysia, misalnya. Biaya hidup bulanan sekitar US$ 120. Kurs US$ 1 = Rs 43. Rs 1 = Rp 220 (sumber: seorang teman yang kuliah di India).

Pendidikan India terutama terkenal karena kualitas yang amat tinggi di bidang sains dan teknik. Bahkan, India telah melahirkan banyak pemenang Nobel Fisika. Untuk pendidikan sains dan teknik, 10 universitas terbaik adalah: Indian Institute of Technology (IIT) Delhi, IIT Mumbay, IIT Madras, IIT Kampur, IIT Guwahati, IIT Kharagpur, IIT Roorkee, Anna University, BIT Mesra Ranci, Bengal Engineering College Kolkata.

Pemerintah India, melalui kedutaan besarnya di Jakarta setiap tahun memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan Master dan Doktor di universitas India. Hampir semua bidang studi memiliki kualitas bagus, terutama teknik Informatika dan Elektro.

Memang beasiswa India tidak dipromosikan secara besar-besaran seperti beasiswa Inggris, Amerika, Australia, Jerman, Belanda, dll., maka diperlukan sedikit inisiatif untuk merebut kesempatan berharga ini.

Biasanya, beasiswa India dibuka bulan Desember hingga Januari. Bagi yang berminat, silahkan menghubung:

Kedutaan India

S-1, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta
Phone : (62-21) 5204150, 5204152, 5204157,
Fax : (62-12) 5204160

Calon mahasiswa tidak disarankan menggunakan email, sebab jarang ditanggapi. Informasi juga tersedia di http://www.embassyofindiajakarta.org/content.php?sid=54, tapi kadang-kadang tidak di update. Informasi terkini mengenai suasana pendidikan di India dapat ditanyakan langsung ke Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) India di http://ppiindia.wordpress.com.

Ada yang tertantang berjoged India? Buruan daftar, mumpung persaiangan mendapatkan beasiswa ini masih cukup ringan.

Kunaifi


Actions

Information

5 responses

4 12 2007
Orang ganteng

Trims infonya pak kun. kayaknya perlu dicoba. btw, itu foto cew cantik dapat di mana?

28 05 2008
umi mamdudah tilawat

terimakasih bgt, kebetulan aku sedang cari-cari beasiswa keluar. sapa tau aja diterima…………kapan lagi coba ke India!!!!!!

7 06 2008
bayhakidevayan

makasih buat infonya, aku juga ingin nyari beasiswa, tapi kayaknya Teknik dan TI bukan bidangku, tapi apa salahnya coba aja dulu daftar…

4 06 2009
nani

thanks…. sy tertark dg info ini. bisa dijelaskan lebih detil lagi tentang IIT di india dan segala macam biaya yang mungkin dan pasti kita hadapi ketika kita kuliah di sana?(baca: biaya hidup, spt makan n tmpat tinggal)

2 02 2010
Neni nuraeni

Sy mau ngambl s2 d studi islam atau yg keislam2n gt deh..da g? Tolong dong kang d lacak. Thanks before

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: